4 Cara Mendeteksi Foto Palsu di Internet



Sebagai media yang tidak memiliki filter, internet adalah lahan subur untuk menyebarkan berita-berita palsu (hoax) ke dunia. Tidak hanya berupa tulisan (artikel) saja, bahkan juga materi-materi lain seperti film, gambar atau foto. Teknologi desain grafis yang semakin canggih diiringi dengan mudahnya orang mempelajari software-software grafis seperti Photoshop, Adobe Ilustrator atau Corel Draw menyebabkan foto-foto mudah direkayasa. Namun sayangnya, beberapa media mainstream pernah pula memuat foto-foto ini tanpa meneliti lebih dahulu. Beberapa foto seperti tewasnya Osama bin Laden dan Muamar Khadafy yang sudah diklaim palsu oleh pemerintah AS, sempat dimuat di koran nasional tanpa menyebutkan kepalsuannya. Bahkan foto seorang turis yang sedang berada di puncak menara WTC sesaat sebelum pesawat tersebut menabrak gedung, dimuat di halaman pertama koran terbesar di Indonesia. Ini menunjukkan bahwa para pencipta gambar palsu ini berhasil menipu dunia.

Badai Sandy yang melanda Amerika juga menyisakan foto palsu yang tersebar di dunia maya. Foto Patung Lady Liberty yang dilatarbelakangi oleh gumpalan awan hitam menyebar dari jejaring sosial Twitter. Untungnya, foto palsu ini cepat terdeteksi sehingga publik dunia tidak berhasil dibodohi si pembuatnya.



Ternyata gambar di atas diambil dari foto badai di Nebraska tahun 2004.


Bagi yang ahli grafis, sangat mudah sekali memindahkan gambar badai di atas ke gambar patung Liberty.

Lalu bagaimana orang awam menilai sebuah foto palsu atau asli?

Berikut langkah sederhana yang bisa dipakai untuk mendeteksi sebuah gambar di internet.

  1. Buka situs www.images.google.com
  2. Klik icon kamera yang terdapat dalam kotak search engine
  3. Masukkan URL atau upload foto dari komputer
  4. Setelah itu akan muncul daftar link yang memuat foto tersebut, baik yang sama maupun yang identik. Pengguna bisa meneliti apakah foto tersebut diambil dari foto lain atau penggabungan dari beberapa image. Setelah itu baru bisa diketahui apakah palsu atau asli.
Berikut ini sebagian kecil foto-foto PALSU yang sering tersebar di internet. Suatu saat jika Anda menemukan foto seperti ini, jangan pernah menganggap bahwa ini adalah asli.

















 













Tidak ada komentar:

Posting Komentar