Jago Bikin Komik Tidak Berarti Harus Jago Gambar!



sumber: Pixton

Komik adalah bagian dari budaya. Bukan sekedar seni atau cerita bergambar, tapi komik bahkan menjadi alat pemasaran yang efektif. Banyak merek-merek ternama memanfaatkan komik sebagai media komunikasinya. Bahkan instansi-instansi pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, kampus dan calon kepala daerah pun menggunakan komik untuk mensosialisasikan program-program kerjanya.

Tidak semua orang bisa menggambar sehingga tidak semua orang bisa membuat komik. Namun kreatifitas tidak bisa terhambat hanya karena masalah ‘sepele’ ini. Di era teknologi informasi seperti sekarang, membuat komik adalah sesuatu yang ‘tidak mustahil’, bahkan untuk orang yang tidak jago gambar sekalipun.

Porbess menelusuri dan mempelajari salah satu penyedia layanan membuat komik online gratis yang cukup ternama. Pixton, nama situs ini, dan telah melahirkan banyak ‘komikus’ dadakan di dunia maya. Pixton kaya akan fitur-fitur gambar menarik, baik orang, hewan, benda-benda maupun bangunan. Tidak perlu repot membuat karakter manusia, cukup memilih bentuk rambut, hidung, warna kulit, jenis kelamin, tinggi tubuh, baju yang dipakai, celana, gerak tubuh dan lain sebagainya dari fitur yang tersedia. Pixton juga menyediakan fitur balon sebagai pengungkap kata-kata si tokoh komik. Anda juga bisa menentukan format tata letak komiknya. Kreatifitas adalah kunci untuk membuat komik yang menarik.

Masih bingung mau membuat cerita apa? Gampang. Pixton juga menyediakan fasilitas template di mana Anda hanya tinggal mengganti tokohnya saja. Latar belakang, letak balon, posisi tokoh, jumlah tokoh, sudah tersedia. Ada yang berlatar belakang gedung-gedung tinggi, pulau terpencil, taman dan bahkan toilet! Cocokkan saja cerita Anda dengan template-template yang tersedia.

Wajah, misalnya. Fitur emotion bisa dipakai untuk mendeskripsikan apakah karakter yang Anda buat itu sedang sedih, bingung, marah, gembira, netral, atau bahagia. Fitur pose menentukan posisi karakter, apakah sedang duduk, berdiri, berlari, jungkir balik, jongkok, tidur-tiduran dan lainnya. Lalu ada juga fitur background untuk mempercantik latar komik Anda, seperti taman, kamar tidur, pulau, kompleks perumahan, jembatan, jalan raya, pantai atau gambar lain yang sesuai dengan cerita yang Anda bangun.


Situs ini bisa digunakan untuk membuat materi-materi promosi. Jika Anda adalah pengusaha, mengapa tidak membuat komik untuk mempromosikan bisnis Anda sebagai pengganti brosur? Kalau Anda mahasiswa, jadikan komik sebagai cara unik mempresentasikan makalah Anda. Bila Anda karyawan, komik bisa menjadi hadiah buat ulang tahun rekan kerja atau bos Anda.

Selesai berkarya, Anda bisa mengundang teman-teman atau rekan kerja untuk melihat galeri yang memuat komik-komik Anda. Ketika kemampuan teknikal sudah bukan menjadi hambatan dalam membuat komik, ide dan kreatifitas adalah hal yang membedakan Anda dengan komikus lainnya. Dan sebagaimana laiknya situs media sosial, Pixton juga menyediakan fasilitas komentar untuk orang lain menilai karya Anda. Bahkan Pixton juga bisa dikoneksikan langsung dengan Facebook. Dan jangan lupa, komik Anda bisa didownload langsung dan bisa juga diaplikasikan di kaos. Dan untuk mendapatkan fasilitas yang lebih banyak lagi, user harus membayar 10$ (sekitar Rp.100 ribuan) agar fitur-fitur canggih lainnya bisa dipakai. Namun pengalaman Porbess, dengan fitur gratisan pun sudah bisa menghasilkan karya yang bagus.

Selamat mencoba, dan sebarkan ide Anda melalui komik berkualitas!

Sumber: Pixton

Tidak ada komentar:

Posting Komentar