Teh Hijau Bisa Turunkan Berat Badan 44% Selama 6 Minggu


Sumber:www.klipingkita.com
Obesitas atau kegemukan bukanlah indikasi kesehatan seseorang, selain merupakan gejala awal dari penyakit-penyakit berat yang mungkin akan hinggap ke tubuh seperti darah tinggi, diabetes, stroke atau penyakit lainnya. Agar berat tubuh tetap terjaga, tidak jarang seseorang melakukan diet yang berlebihan sehingga berat badan belum tentu turun, namun penyakit baru pun mulai menghampiri. Padahal ada cara alami untuk menurunkan berat badan. Mengkonsumsi teh hijau adalah bagian dari cara diet sehat untuk melangsingkan tubuh.

Menurut hasil penelitian para ilmuwan makanan di Penn State, AS, bahan yang terkandung dalam teh hijau mampu mengurangi gula darah pada tikus. Karena sebagaimana diketahui, tikus memiliki karakteristik, genetik dan perilaku yang mirip dengan manusia.  Banyak gejala yang terdapat pada manusia dapat direplikasi pada tikus. Termasuk dalam hal percobaan teh hijau tersebut yang ternyata bisa menjadi cara atau tips diet sehat yang alami, bahkan bisa sebagai pelangsing tubuh.

Dalam teh hijau terdapat antioksidan bernama epigallocatechin-3-gallate atau EGCG yang pada penelitian tersebut terbukti menurunkan sari pati jagung dalam glukosa dibandingkan dengan tikus yang tidak diberikan EGCG. Teh hijau atau Camllia sinensin mampu mencegah obesitas karena mengandung senyawa ini. Dalam risetnya, tikus yang memiliki tingkat lemak hingga angka C57bl/6J diberikan komposisi EGCG sebesar 0.32% selama 6 minggu. Hasilnya, terjadi penurunan berat badan hingga 44%.  EGCG ternyata efektif untuk mengambat lipase pankreas (LP) sehingga mampu berfungsi sebagai pelangsing tubuh pada hewan yang identik dengan koruptor ini.

Perbandingan dosis EGCG yang diberikan pada tikus percobaan tersebut adalah setara dengan satu setengah sendok teh hijau untuk manusia.  Bila seseorang minum teh hijau bersamaan dengan sarapannya, terutama roti, maka bisa mengurangi lonjakan glukosa dalam darah dibanding jika tidak meminumnya.  Ini merupakan cara diet sehat bagi mereka yang hobi makan tapi tetap ingin menjaga berat badan, dengan catatan bahwa mereka yang minum teh hijau tidak boleh menambah gula pada cangkirnya, karena bisa menghilangkan efek positif teh hijau untuk membatasi peningkatan glukosa darah.

Namun demikian, teh hijau pun memiliki efek buruk juga bila tidak mengkonsumsi dengan cara ‘membabi buta’. Beberapa diantaranya seperti sembelit, diare, sakit kepala, dan susah tidur. Karena itu, bagi yang sedang menjalankan program pelangsingan tubuh dengan menjadikan teh hijau sebagai salah satu yang harus dikonsumis, maka harus memperhatikan hal-hal berikut:

-Jangan minum teh hijau (baik panas atau dingin) yang dibiarkan lebih dari satu jam karena akan kehilangan vitamin dan zat antioksidannya.

-Jangan minum teh hijau di waktu pagi hari, terutama saat perut kosong.

-Waktu yang paling tepat untuk minum teh hijau adalah 1 jam sebelum atau sesudah makan

-Jangan mengkonsumsi teh hijau bersama obat-obatan untuk menghindari efek samping

-Karena teh hijau juga mengandung kafein, teh hijau yang terlalu pekat akan menyebabkan gangguan pencernaan, sulit tidur dan jantung berdebar.

-Maksimal 3 cangkir teh hijau setiap hari. Jika berlebih akan mengganggu sistem pencernaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar